AutoCAD : Cara Menggunakan MULTILINE Empat Garis Sekaligus

8

Hai sahabat sekalian, kali ini saya akan memberitahu cara untuk menggunakan command MULTILINE pada AutoCAD. Pada postingan saya kali ini, saya memberi tips untuk membuat garis tembok dengan MULTILINE 4 garis sekaligus . Penasaran kan? baiklah akan kita mulai dahulu.

MULTILINE ada salah satu command pada AutoCAD yang berfungsi untuk membuat 2 garis sekaligus. Cara menggunakan command MULTILINE adalah dengan cara mengetik “ML” pada layar dan tekan “enter”. Lalu terdapat perintah selanjutnya yaitu Justification, Scale, Style. lalu ketik “J” enter untuk Justification. Lalu akan ada pilihan lagi, yaitu Top, Zero, Bottom. Ketik “Z” enter untuk Zero. Lalu kembali muncul pilihan yaitu Justification, Scale, Style. Lalu ketik “S” enter untuk menentukan ukuran. Setelah itu, ketik ukuran yang dinginkan. Disini saya gunakan ukuran tebal tembok 15cm. Setelah itu klik dimana tempat kita untuk memulai dan berhenti. Jika berhasil akan seperti gambar dibawah berikut.

2 Lakukan command MULTILINE untuk membuat garis tembok untuk bagian tengah. huh, cukup merepotkan bukan?. Nah sekarang saya akan memberitahu tips mudah untuk membuat gambar tembok dengan ukuran tebal tembok 15cm.

Baiklah, yang pertama ketik “MLSTYLE” pada layar, setelah itu enter. Maka akan muncul gambar seperti berikut.

4Lalu klik “new” dan akan muncul seperti gambar dibawah.

5Disini saya memberi nama EMPAT. Setelah itu klik “continue”.

6Dapat dilihat terdapat 2 buah angka pada kolom offset, yaitu 0.5 dan -0.5. Lalu kita klik “add” sebanyak 2 kali. Lalu kita ganti nilai offsetnya berturut – turut dari atas menjadi: 0.5 , 0.4 , -0.4 , -0.5 .

Jika sudah, klik “OK”.

7Setelah itu klik EMPAT tadi dan lanjut klik “Set Current” lalu OK. Setelah itu gunakan command MULTILINE dan jika berhasil maka akan seperti dibawah ini.

8Selamat! sekarang kalian akan dengan mudah dalam membuat garis tembok dengan 4 garis sekaligus. INGAT! tutorial ini berlaku untuk ketebalan tembok 15cm. Jika ingin membuat ketebalan tembok yang berbeda, maka kalian harus menggunakan perbandingan angka pada bagian offset tersebut.

Semoga info yang saya buat ini bermanfaat bagi sahabat sekalian. Jika info ini bermanfaat dan menarik, silahkan di Like dan Share. Jika memiliki pertanyaan silahkan ajukan saya, saya akan sebisamungkin untuk memjawab pertanyaan Sahabat sekalian. Sekian, Salam Pesona!

Tinggalkan komentar